Thursday 2 March 2023

PROPOSAL MAKANAN INTERNASIONAL

 

PROPOSAL

MAKANAN INTERNASIONAL

BAKSO

D

I

S

U

S

U

N

OLEH :

Amalia Melsi

Nama usaha : YUMMY BAKSO LANGIT

Jl.Nasional Blangpidie-Tapaktuan NO.224

Desa Tengah Baru, Kec. Labuhanhaji, Kab .Aceh Selatan, Prov. Aceh

Telp. 082265455104




KATA PENGANTAR

    Segala puji bagi ALLAH SWT. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan proposal ini guna memenuhi tugas yang telah diberikan oleh guru.

    Dalam penyusunan proposal ini, tidak sedikit hambatan yang penyusun hadapi. Namun penyusun menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua dan semua orang yang telah membantu, sehingga kendala-kendala yang dihadapi dapat teratasi. Proposal ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari ALLAH akhirnya proposal ini dapat terselesaikan.

Semoga proposal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca khususnya para murid di SMA 1 LABUHANHAJI. Saya sadar dalam proposal ini masih banyak kesalahan dan kekurangan, jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kepada guru pebimbing saya meminta masukannya demi memperbaiki proposal dimasa yang akan datang.



BAB 1

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

    Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan siap saji dengan rasa yang enak dan harga relative murah, namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifatnya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.

    Salah satu makanan siap saji adalah “bakso”. Bakso adalah makanan yang berasal dari Tiongkok, tetapi berbeda dengan bakso yang ada di Indonesia. Bakso Tiongkok biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso yang ada di Indonesia lebih sering menggunakan daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali.

    Dalam memulai usaha, yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan cara menarik minat para konsumen. Peluang pasar yang hendak kita capai dalam bisnis dan bagaimana cara memperoleh order tersebut.

    Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing dan kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik disisi harga, pelayanan, dan kualitas harus ditingkatkan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi.





BAB 2

PEMBAHASAN

A.    VISI MISI USAHA

VISI USAHA

    Menjadikan bakso sebagai makanan yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. Tentunya dengan kualitas yang baik namun harga pun terjangkau.

MISI USAHA

    Menyajikan bakso dengan menjaga kualitas makanan yang baik disertai penampilan yang terlihat mewah. Namu, tentunya dengan modal yang relative murah.

 

B.    TUJUAN KEGIATAN USAHA

1.      Mendapatkan penghasilan dari usaha bakso

2.      Memberikan kualitas bakso yang hiegenis dan enak

3.      Menciptakan lapangan kerja baru

4.      Membuat tempat untuk saling kerja sama

5.      Memenuhi keinginan masyarakat terhadap konsumsi bakso

6.      Menerapkan pengalaman saya dalam hal memasak dan berbisnis

 

C.     MAKSUD KEGIATAN USAHA

    Maksud dari kegiatan usaha ini adalah agar masyarakat dapat membeli bakso secara mudah, higenis dan praktis dan tidak perlu membuat bakso terlebih dahulu jika ingin memakan bakso.

    Dengan dibukanya usaha ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pemilik usaha dan membuka lapangan kerja.

 

D.    PROFIL USAHA MAKANAN INTERNASIONAL

1.DATA PRIBADI

Nama                                   : Amalia Melsi

Tempat dan tanggal lahir    : Labuhanhaji,29 Juni 2006

Jenis kelamin                      : Perempuan

Alamat                                 : Ds.Tengah Baru, Kec. Labuhanhaji, Kab. Aceh Selatan, Prov. Aceh

Agama                                 : Islam

No. HP                                 : 082265455104

2.NAMA USAHA

    Nama usaha ini adalah “YUMMY BAKSO LANGIT” dengan pemilik usaha yang bernama Amalia Melsi. Dinamakan yummy bakso langit karena pemilik usaha yang suka dengan keindahan langit.

3.LOKASI USAHA

    Lokasi usaha ini akan berada di labuhanhaji, yaitu di desa Tengah Baru, kec.Labuhanhaji, kab.Aceh Selatan. Lokasi ini akan berada di tepi jalan raya sehingga mudah dijangkau oleh para pengguna jalan dan tempat pun langsung menghadap ke arah jalan.

4.WAKTU OPERASIONAL

    Waktu operasional tempat ini direncanakan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB. Waktu dapat berubah-ubah dan disesuaikan dengan kondisi penjaga warung dan lingkungan sekitar.

 

E.     STRATEGI PASAR

1.SEGMENTING

    Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah para remaja. Segmen utama yang dituju adalah para pelajar, mahasiswa, namun tidak menutup kemungkinan  masyarakat sekitar juga menjadi konsumen.

2.TARGETING

    Target potensial yang ingin diakses adalah pelajar,masyarakat umum, dan orang luar kota / wisatawan. Spesifik pelajar yang ditargetkan yaitu tingkatan SD, SMP, SMA, dan MAHASISWA yang menyukai makanan bakso.

3.POSITIONING

    “YUMMY BAKSO LANGIT” menjual makanan halal, sehat dan higienins dengan harga ekonomis. Sensasi kelezatan masakan dengan kualitas bintang lima serta pelayanan dan kenyamanan adalah prioritas kami. Positioning dalam usaha kami adalah alternative makan yang lebih praktis namun tetap lezat dan bergizi.

 

F.     ANALISIS SWOT SEBAGAI KALAYAK USAHA

a. Strengths (kekuatan)

    1. Harga merakyat

    2. Masyarakat menyukai makanan pedas

b. Weakness (kelemahan)

    1. Banyak pesaing

    2. Banyaknya tempat nongkrong anak muda

c. Threats (ancaman)

    1. Harga bahan baku yang meningkat

    2. Banyak pesaing yang mengikuti konsep yang telah kita buat

d. Opportunities (kesempatan)

    1. Mudah dijumpai karna berada ditepi jalan raya

    2. Permintaan pasar yang selalu ada dan dukungan trend produk yang terus berkembang

 

G.    PROSES PRODUKSI

BAHAN BAKU :

-          2 kg daging sapi yang sudah dicincang dan diberi bumbu

-          Bumbu kuah bakso

-          Air secukupnya untuk merebus


BAHAN PELENGKAP :

-          Mie bihun

-          Mie kuning

-          Sawi

-          Toge

-          Bawang goreng

-          Daun seledri

-          Garam

-          Penyedap rasa

-          Kecap

-          Saos

-          Sambal

-          Cuka


LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN :


1.      Tempatkan daging yang sudah dicincang dan diberi bumbu kedalam sebuah wadah

2.      Bentuklah bakso sesuai dengan selera ( bulat, kotak, besar, kecil )

3.      Bakso yang sudah dibentuk dimasukkan kedalam air panas agar adonan tidak menyatu dan menjadikan bakso seperempat matang

4.      Bakso yang telah dimasukkan kedalam air panas kemudian direbus selama dua menit, agar bakso menjadi setengah matang

5.      Kemudian bakso yang sudah menjadi setengah matang ditiriskan

6.      Lalu masukkan bumbu yang tekah dihaluskan kedalam kuah bakso

7.      Siap bahan-bahan pelengkapnya

8.      Lalu sajikan bakso. Bakso siap untuk dihidangkan.


 

BAB 3

PENUTUP

    Hasil dari uraian proposal diatas  maka dapat disimpulkan bahwa peluang usaha MAKANAN ini baik dari segi ide, sasaran pasar, hingga rencana financial insyaalah memiliki prospek yang baik dunia bisnis dan masa depan.

    Dalam memulai usaha pasti tidak terlepas dar adanya hambatan dan rintangan yang terjadi. Khususnya hambatan yang dialami oleh usaha yang baru berdiri dan baru mulai berjalan. Hambatan yang terbesar dialami adalah sosialisasi dan promosi kepada masyarakat untuk menyatakan kalua usaha makanan yang kita buat berbeda dengan usaha bakso lainnya. Maka segmen dari pasar dari usaha ini adalahmasyarakat yang biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga. 





No comments:

Post a Comment